Minggu, 02 September 2012

TIPS AMAN BELANJA ONLINE


Di era serba digital, berbelanja secara online menjadi pilihan ketimbang secara fisik berkeliling di toko mencari produk yang diinginkan. Namun di balik kemudahan, ada masalah yang jika tidak hati2 malah bikin buntung. Karena banyak juga penipu berkeliaran di pemasaran online. 
Nah agar tidak tertipu, simak TIPS AMAN BELANJA ONLINE berikut ini :
  1. LAKUKAN PENGAMATAN mengenai situs yang menyediakan layanan belanja online/toko online. Anda bisa check PROFIL Toko Online, ALAMAT LENGKAP, No. KONTAK HP, No. TELP LOKAL, No. REKENING BANK, NAMA PEMILIK REKENING dan lain-lainJangan berbelanja di toko yang profilnya tidak jelas/tidak lengkap karena jika terjadi masalah, anda kesulitan/tidak bisa komplain. 
  2. Di toko online biasanya mempunyai kebijakan/peraturan, maka perhatikan dengan teliti mengenai maksud dan isinya. Tanyakan juga jika barang cacat maka seperti apa solusinya. 
  3. Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi anda, seperti KTP, SIM, Kartu Kredit, ATM, Rekening dan data lain.
  4. Pastikan keamanan password anda dan buatlah password yang berbeda di setiap transaksi untuk mengantisipasi adanya pencurian data.
  5. Dalam sistem transaksi biasanya toko online akan menawarkan berbagai  cara, contoh via : COD, kartu kredit, Paypal, Transfer langsung via bank, dll. Jika anda belum berpengalaman lebih baik menggunakan transfer langsung via bank atau COD bayar ketika barang di antar. Sekarang ini cara yang kurang aman adalah dengan Kartu Kredit.
  6. Dalam proses pengiriman barang biasanya toko online akan menawarkan  berbagai cara, contoh via : JNE, TIKI, Pos Indonesia dan yang lainnya. Pastikan anda bisa mendapatkan NO RESI PENGIRIMAN sebagai bukti bahwa barang pesanan anda benar2 dikirim dan anda bisa menge-check posisi barang tersebut secara online.
  7. Untuk proses pemesanan melalui form2 isian secara online, pastikan selalu bersihkan data chace komputer/temporary yang anda gunakan untuk belanja online, hal ini untuk menghapus semua data yang telah anda kirimkan ke toko online tersebut.
  8. Ini yang paling seru... lakukan pemeriksaan identitas pemilik website di sini : http://whois.domaintools.com. Masukan alamat website di isian, lali klik Search For Domain : Jreng... jreng... terpambang deh identitas pemilik toko online. Lalu cocokkan dengan alamat yang dipajang. Jika alamat cocok dan tidak disembunyikan, kemungkinan besar toko online itu jujur. Tapi jika disembunyikan... tentu ADA APA? Jika terlihat email registrasi, klik email tersebut. Jreng.... perhatikan berapa domain yang didaftarkan. Jika banyak.... hati-hati juga, masa iya bukan penjual domain tapi mendaftarkan domain segitu banyak. 
SEMOGA TIPS INI BERMANFAAT,
SELAMAT BERBELANJA SECARA AMAN !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar